My Passion’s, My Adventure

Pernah merasa bosan bahkan tidak kuat mengerjakan suatu pekerjaan? Padahal pekerjaan tersebut tengah pada posisi dituntut selesai? Sedangkan jiwa dan raga anda merasa tersiksa disana?

Anda merasa tidak cocok dengan kegiatan yang sedang anda kerjakan? Padahal kegiatan tersebut menghasilkan profit besar? Tapi seakan otak ini serasa cepat panas dan ingin segera selesaikan kegiatan tersebut dan segera pulang untuk berendam air panas?

Atau ketika anda mencoba melakukan aktivitas yang sebenarnya orang disekitar anda enjoy namun anda sendiri ternyata lebih memilih  aktivitas tersebut dihentikan dan beralih kepada aktivitas yang sedang menari di kepala anda?

Maka anda harus perhatikan apakah pekerjaan/profesi/aktivitas yang tengah anda kerjakan adalah sekedar tuntutan atau mengikut trend sekarang, atau hanya sekedar hobby, atau ia adalah passion anda? Perlu anda ketahui bahwa setiap aktivitas yang anda kerjakan tidak hanya berpengaruh pada kantong atau karir anda, tapi jauh didalam hati apakah diri anda ingin sekali kegiatan tersebut? Karena saat dimana keinginan dalam diri anda tak terpenuhi maka akan terjadi kegelisahan atau ada lubang dihati yang rasanya takkan terobati sampai lubang hati tersebut terisi. Dan dengan keadaan seperti ini akan mempengaruhi hasil kinerja anda baik di sebuah perusahaan maupun organisasi dan kepanitiaan.

Maka mari kita cek apakah kegiatan yang kita kerjakan ini termasuk pada Passion? Hobby? Atau hanya sekedar ikut-ikutan orang disekitar anda?

Merasa ada yang tidak pas dengan pekerjaan yang anda geluti? Cepat emosi atau stress dengan  pekerjaan yang seakan menyiksa anda bahkan cenderung benci dan negatif dengan aktivitas tersebut? Selamat! Selamat! Selamat! Pekerjaan yang anda sedang lakukan akan membuat anda terpuruk. Kenapa? Karena anda sudah menyadari bahwa ketika anda berada di posisi bekerja di bidang tersebut ternyata anda tak menemukan kebahagiaan didalamnya. Tak ada kepuasaan hati ketika pekerjaan itu telah terlewati. Hasil dari orang yang mengerjakan pekerjaan yang didalamnya tak ada kebahagiaan adalah hasil yang kurang maksimal, bahkan cenderung “Yang penting selesai, tak tahu menahu detilnya diterima atau tidak. Yang terpenting…. Yang terpenting… Yang terpenting….. SELESAI!”

Bagaimana dengan mereka yang menganggap pekerjaan atau kegiatannya adalah hobby?

“Wah ada waktu luang nih, kerjakan ah. Iseng-iseng gitu, sekalian mengisi waktu luang gitu.”

“Yah belum kelar nih udah keburu ngantuk sekali ni, lain kali ah kerjakan lagi jika ada waktu akan kuselesaikan.”

“Yes kelar juga akhirnya rakit robot gundam. Lega dan puas rasanya lihatnya berdiri keren begini”.

Apakah anda sudah memahami tulisan diatas? Orang yang mengerjakan sesuatu karena hobby memang memiliki kesenangan tersendiri. Tapi kegiatan itu sendiri adalah sebatas pengisi waktu, pengisi kekosongan atau ketika waktu senggang dan ada kesempatan untuk bisa dikerjakan maka ia akan dilaksanakan, bila tak ya tak masalah, lain waktu pasti bisa dikerjakan dan pasti hingga selesai dengan bagus dan rapi.

Orang yang mengerjakan sesuatu atas dasar hobby akan mengerjakan pekerjaan tersebut dengan senang hati dan cenderung pasti selesai, namun ia menempatkan hobby-nya pada urutan kesekian danri sekian banyak kegiatan yang ia miliki, bukan urutan teratas yang harus ia kerjakan. Bila hobby ini ia geluti, bisa jadi hal ini akan menghasilkan profit dan kesenangan tersendiri bila ia kerjakan.  Tapi semangatnya takkan bisa mengalahkan orang yang mengerjakan sesuatu berdasarkan passion. Contohnya?

Passion bila anda artikan ke dalam bahasa Indonesia dengan google translate berarti (noun) semangat, gairah, keinginan besar. Secara garis besar orang-orang yang mengerjakan sesuatu atas dasar passion, ia akan mengerjakan sepenuh hati tanpa mempedulikan apapun. Baik itu dibayar atau tidak, besar atau tidak, menguntungkan atau tidak, bila itu adalah passion dari orang tersebut maka ia akan mengerjakan sampai tuntas, apapun yang terjadi. Kenapa? Karena dari dasar hatinya sendiri ia merasakan bahwa ketika pekerjaan tersebut adalah passion, ia akan kerjakan sepenuh hati tanpa peduli waktu maupun tenaga. Orang-orang yang mengerjakan hal ini karena passion biasanya akan menghasilkan sesuatu yang tak hanya memuaskan, tapi masuk pada tahap LUAR BIASA. Orang yang mengerjakan suatu pekerjaan yang merupakan passion dari orang tersebut  dan kemudian passion tersebut ia jadikan profit maka sudah pasti akan menjadi sangat menguntungkan, karena disamping ia mengerjakan dengan sepenuh jiwa dan raganya, hasilnya pun akan maksimal.

Muncul pertanyaan diakhir tulisan ini. Apa saran penulis bagi kami yang ingin mengejar kesuksesan dimasa depan?

Lakukan hal yang memang anda sukai. Kerjakan apa yang anda cintai dari dalam hati. Lakukan apa yang menurut anda akan menarik jiwa dan raga anda untuk mengerjakan hal tersebut dengan senang hati dan semangat. Jangan takut tentang profit, karena ketika hal yang anda lakukan berdasarkan hal yang anda cintai alias passion, maka anda takkan kehabisan akal untuk mengembangkan passion anda menjadi sesuatu yang paling profit.

Kerjakan apa yang anda cintai…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s